Sambutan Kepala Bappeda

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayah kepada kita sehingga RKPD berbasis Online ini dapat hadir ditengah-tengah kita semua. RKPD Online ini merupakan buah kerja keras yang telah dirintis sejak beberapa waktu yang lalu guna menyediakan sebuah layanan teknologi informasi yang dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses perencanaan pembangunan daerah. Melalui pemanfaatan Sistem ini insya Alloh perencanaan pembangunan daerah lebih akurat, transparan dan bertanggungjawab.

Tata kelola pemerintahan era sekarang ini menuntut keterbukaan, partisipasi seluasnya bagi seluruh komponen masyarakat serta bertanggungjawab atas seluruh aspek pengelolaan kepemerintahan. Kalo saat ini Provinsi NTB sedang menggagas diri menjadi provinsi yang terdepan dalam tata kelola pemerintahan yang baik khususnya dalam aspek keterbukaan informasi, perbaikan layanan publik dan pemerintahan yang bersih, RKPD Online merupakan bagian dari keseluruhan upaya tersebut. Pada tgl 17 September 2013 yang lalu, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB telah meluncurkan layanan e-publik, kini hadir selanjutnya sebuah sistem perencanaan pembangunan daerah berbasis online yang dinamakan RKPD Online.

RKPD Online adalah inovasi dalam bidang perencanaan pembangunan daerah yang mencoba menggabungkan keinginan seluruh kepentingan pembangunan dan mengolahnya menjadi rumusan program dan kegiatan pembangunan daerah. Masyarakat, dunia usaha, Pemerintah kabupaten/kota maupun Pemerintah provinsi dapat bersama-sama terlibat secara aktif dalam proses perencanaan yang difasilitasi sistem ini. Usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat, dunia usaha maupun Pemerintah kabupaten/ kota dielaborasi dengan berbagai kebijakan pembangunan daerah provinsi menjadi sebuah rumusan program dan kegiatan pembangunan yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi. Sebagai sebuah sistem, RKPD Online menjamin akuntabilitas program kegiatan yang tertuang dalam dokumen perencanaan dan penganggaran selanjutnya seperti KUA/PPAS maupun RAPBD lebih selaras, sehingga setiap program dan kegiatan pembangunan dalam dokumen KUA/PPAS maupun RAPBD harus berawal dari RKPD yang diformulasikan oleh sistem ini.

Besar harapan kedepan sistem ini akan berkembang lebih baik lagi dalam rangka memperkuat proses perencanaan pembangunan daerah. Kami menyadari berbagai keterbatasan dari sistem yang sedang terus berbenah dan terus mengalami penyempurnaan. Akhirnya saya sampaikan Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tersedianya layanan perencanaan pembangunan berbasis online ini. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semua, Amien.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sekilas Tentang RKPD Online

RKPD Online adalah merupakan sebuah sistem informasi yang berjalan online di internet, yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi NTB dalam memfasilitasi proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam setiap tahun nya.

Sistem ini melibatkan segenap stakeholders dalam penyusunan rencana pembangunan, mulai dari skpd provinsi dalam perencanaan sektoralnya, usulan kabupaten/kota dalam perencanaan kewilayahannya, dan segenap masyarakat umum dengan memberikan aspirasinya, dalam proses perencanaan pambangunan tahunan Provinsi NTB. Sistem ini diharapkan dapat memfasilitasi proses penyusunan RKPD sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada, termasuk mendukung beberapa aktifitas utama yang ada seperti rapat koordinasi perencanaan, forum skpd provinsi, dan musrenbang provinsi.

Proses dimulai dengan hal yang bersifat top-down yang disusun oleh Tim Penyusunan RKPD berupa rancangan awal RKPD, untuk memberikan panduan kepada seluruh SKPD provinsi dan kabupaten/kota menyusun rancangan Renja SKPD dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 (satu) tahun yang disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif. Dari rancangan awal itulah, proses perencanaan bottom-up dan partisipatif akan dilakukan oleh kabupaten/kota dengan mengusulkan sejumlah program dan kegiatan yang sesuai dengan arahan yang ada, begitu juga SKPD Provinsi juga akan membuat sejumlah usulan program dan kegiatan sesuai dengan tugas sektoral yang di embannya.

Login